Laporan Kuliah Kerja Nyata (KKN)
Laporan Praktikum biolog. Laporan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Berikut ini adalah contoh laporan kuliah kerja nyata (KKN).Semoga dapat bermanfaat untuk anda dan dapat membantu menyelesaikan tugas anda dalam menyusun laporan kuliah kerja nyata.
LAPORAN AKHIR KOLEKTIF KEGIATAN
KULIAH KERJA NYATA (KKN)
...............................................................................
KAMPUNG PULAU BATU KECAMATAN NEGERI AGUNG
KABUPATEN WAY KANAN
Oleh :
Nama Npm Fakultas/Prodi
............. 0811030032 Tarbiyah/KI
............. 0811060025 Tarbiyah/Tadris Biologi
............. 0831030025 Ushuluddin/Tafsir Hadist
............. 0811010077 Tarbiyah/P A I
............. 1011060014 Tarbiyah/Tadris Biologi
............. 0821060006 Syariah/Ekonomi Islam
............. 0811060043 Tarbiyah/Tadris Biologi
............. 0811060024 Tarbiyah/Tadris Biologi
logo
PERGURUAN TINGGI
2011 M / 1432 H
KATA PENGANTAR
Puji syukur atas kehadirat Allah SWT atas Rahmat dan Hidayah –Nya sehingga laporan kolektif KKN ................................... yang diselenggarakan pada tanggal 7 juli s/d 10 agustus 2011 dapat diselesaikan tepat pada waktunya.
Kegiatan ini dapat diselesaikan atas kerja sama seluruh lapisan masyarakat Kampung Pulau Batu dan Mahasiswa KKN. Yang secara bersama melakukan program sejak datang di lokasi KKN , terima kasih kami sampaikan kepada :
1. Rektor .............................................................
2. Panitia pelaksana KKN ............................................
3. Dosen Pembimbing Lapangan (DPL)
4. Bapak Camat Negeri Agung
5. Bapak Kepala Kampung Pulau Batu Hamim Akbar, SH. dan seluruh staf jajarannya
6. Para Tokoh Masyarakat,Tokoh Agama dan Tokoh Pemuda – Pemudi
7. Seluruh Masyarakat Kampung Pulau Batu.
Penulis menyadari bahwa penyusunan laporan ini jauh dari kesempurnaan oleh sebab itu kami mengharapkan saran dan kritik yang bersifat membangun untuk penyempurnaan laporan yang akan datang.
Demikianlah laporan ini kami buat semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.
....................................., 10 Agustus 2011
Tim Penulis
DAFTAR ISI
LEMBAR PENGESAHAN
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
B. Permasalahan
C. Pemecahan Masalah
BAB II KONDISI OBYEKTIF KAMPUNG PULAU BATU
A. Kondisi Geografis
B. Kondisi Demogratis
C. Keadaan Awal Kegiatan
1. Mental Spiritual
2. Bidang Lintas Sektoral
BAB III PELAKSANAAN KEGIATAN KELOMPOK
A. Kegiatan Yang Dilakukan
1. Bidang Mental Spiritual
2. Bidang Lintas Sektoral
B. Faktor Penunjang dan Penghambat Pelaksanaan Program KKN
BAB IV KESIMPULAN DAN REKOMENDASI
A. Kesimpulan
B. Rekomendasi
LAMPIRAN-LAMPIRAN
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Perguruan tinggi IAIN Raden Intan Lampung merupakan lembaga pendidikan yang sejajar dengan perguruan tinggi lain. Secara spesifik IAIN mengembangkan Islamic Student yang artinya program pendidikan akademik yang dispesialisasikan di bidang pengembangan dan pemberdayaan ilmu keislaman.
Untuk merealisasikan Islamic Student telah terstruktur dalam semboyan Tri Darma Perguruan Tinggi dan kegiatan KKN merupakan manivestasi dari peridaman perguruan tinggi tersebut. Juga sebagai suatu kegiatan yang menjebatani kebutuhan masyarakat terhadap suatu perguruan tinggi masyarakat dapat merasakan manfaat secara langsung dari keberadaan perguruan tinggi itu. Selain itu perguruan tinggi mendapatkan input yang baru dari masyarakat sehingga dapat mengembangkan mutu ilmiah yang relevan dengan kebutuhan masyarakat di perguruan tinggi tersebut.
Target utama dari kegiatan ini yaitu masyarakat yang berada di kedalaman seperti kampung dan merupakan suatu yang logis jika ada masalah yang terjadi di kampung tersebut mahasiswa KKN dapat membantu memecahkan masalah tersebut seperti di Kampung Pulau Batu Kecamatan Negeri Agung Kabupaten Way Kanan.
B. Fokus Permasalahan
Setelah melakukan observasi selama dua hari di Kampung Pulau Batu pada tanggal 8-9 Juli 2011 maka kami menginventarisir beberapa permasalahan yaitu :
1. Bidang mental spiritual seperti Oganisasi Risma tidak aktif, dan bahkan hampir mati.
2. Dalam kehidupan masyarakat setempat sebagian besar penduduk hanya sampai tamat SMP
3. Akhlak masyarakat yang masih suka berjudi dan minuman keras
C. Pemecahan Masalah
1. Membentuk dan memotivasi RISMA dalam hal keorganisasian
2. memotivasi kesadaran akan pentingnya pendidikan
3. berpartisipasi dalam kegiatan masyarakat
4. memasukan pendidikan akhlak di lembaga pendidikan formal dan non formal
BAB II
KONDISI OBYEKTIF KAMPUNG
A. KONDISI GEOGRAFIS
Kampung Pulau Batu adalah suatu kampung yang terdapat di Kecamatan Negeri Agung Kabupaten Way Kanan dan peduduknya rata rata bersuku Lampung dan Jawa. Dengan jumlah KK 269 dan jumlah penduduk kampung 1020 jiwa. Wilayah kampung 1500 Ha dengan batas-batas kampung sebagai berikut :
- Sebelah Utara Berbatasan dengan kampung penengahan
- Sebelah Selatan Berbatasan dengan kampung Negeri Agung
- Sebelah Timur Berbatasan dengan PTPN 7 Tulung Buyut
- Sebelah Barat Berbatasan dengan Hutan Register 42
Secara georafis Kampung Pulau Batu Kecamatan Negeri Agung Kabupaten Way Kanan terletak di daerah perkebunan yang terdiri dari :
- Pertanian
- Ladang
Bila dilihat dari jarak jangkauan kampung dengan pusat fasilitas yang penting adalah sebagai berikut :
- Jarak kampung dengan kecamatan 3,5 km
- Jarak kampung dengan kabupaten 45 km
- Jarak kampung dengan ibu kota propinsi 750 km
B. KONDISI DEMOGRAFIS
Kampung Pulau Batu dalam wilayah Kecamatan Negeri Agung dapat dirincikan sebagai berikut :
a. Potensi Sumber Daya Alam
1. Potensi Perkebunan Karet
1). Luas Perkebunan Karet : ± 1200Ha
2). Sumber Air : Sungai
3). Hasil Tanam : Karet, Sawit
4). Teknologi yang digunakan : Tradisional
2. Potensi Pertanian Ladang
1). Luas Perladangan : ............Ha
2). Jenis Tanaman yang Ditanam : ............macam
3). Teknik Pengelolaan Ladang : Tradisional
b. Potensi Perternakan
1. Jumlah Usaha
1). Kambing : 9 ekor
2). Ayam : 52 ekor
3). Bebek :-
4). Sapi : 13 ekor
2. Pemasaran Teknik Dalam Dan Luar Kampung
c. Potensi jasa dan perdagangan
1. Jumlah usaha
1). Warung : 5 Warung
2). Angkutan Umum : -
3). Jenis Yang Diperdagangkan : Kebutuhan pokok
d. Potensi Prasarana
1. Prasarana Kendaraan Umum : -
2. Jarak Antar Dusun Kampung Pulau Batu : 3000 Meter
3. Dari Kampung KePasar : 10 Km
4. Dari Kampung ke jalan Raya : 20 Km
5. Prasarana Jalan
1). Jalan Aspal : 15-20 Km
2). Jalan Ardelag : 10-15 Km
3). Jalan Tanah : 1-10 Km
6. Prasarana Umum
1). Prasarana Pemerintah :
a. Balai Kampung : 1 Buah
b. Kantor Kampung : 1 Buah
c. BHP : 1 Buah
2). Prasarana Ibadah
a. Masjid : 3 Buah
b. Majlis ta’lim : 3 Buah
c. TPA : 3 Buah
3). Prasarana Olah Raga
a. Lapangan Bulu Tangkis : 1 Buah
b. Lapangan Bola Kaki : 1 Buah
4). Sektor Jasa dan Perdagangan
a. Pemilik Warung : 5 orang
b. Guru : 7 orang
c. Pensiunan : 3 orang
d. Tukang Nyadap Karet : Mayoritas Kampung Pulau Batu
e. Pembeli Karet : 1 orang
f. Tambal Ban (Tubles) : 2 orang
7. Penduduk
1). Keadaan Rumah Penduduk :
a. Permanen :25 %
b. Semi Permanen : 45 %
c. Gribik : 30 %
2). Jumlah Penduduk : -
a. Laki-Laki : 528
b. Perempuan : 492
3). Perubahan Penduduk
a. Lahir : 3
b. Meninggal : 5 orang
c. Datang : 11 orang
4). Mata Pencaharian
a. Pengelola Sawit : 57 orang
b. Pengelola Kebun : 212 orang
C. KEADAAN AWAL KEGIATAN
1. Bidang Mental Spiritual
Kampung Pulau Batu Kecamatan Negeri Agung Kabupaten Way Kanan Memiliki 3 Masjid, 5 Taman Pendidikan Agama (TPA), yang kesemuanya menjadi pusat keagamaan, namun masih banyak pemuda-pemudi Kampung Pulau Batu masih sulit untuk mengaktifkan kegiatan keagamaan di Kampung Pulau Batu. Dengan adanya Mahasiswa KKN Dari .................................................. sedikit banyak mempengaruhi kebiasan-kebiasan masyarakat setempat. Seperti :
a. Bidang Keagamaan
1. TPA Sudah Berjalan dengan Baik, sehingga Mahasiswa KKN Tinggal Mengembangkan Kegiatan Pengajian TPA tersebut sekalian memotivasi para guru ngaji dan murid untuk menghidupkan TPA.
2. Materi yang di sajiakan dalam TPA dengan adanya mahasiswa KKN selain Belajar Iqro,Tajwid, Figih, ditambah dengan materi belajar kelompok dan siraman rohani anak-anak.
3. Pengajian ibu-ibu sudah berjalan dengan baik dan dilaksanakan secara rutin
4. Pengajian bapak-bapak juga sudah berjalan dengan baik dan lancar,
5. Beberapa Masjid di kampung Pulau Batu seperti Masjid Nurul Iman dibentuk risma sehingga kegiatan keagamaan bisa lebih aktif.
b. Bidang pendidikan
Bidang pendidikan merupakan masalah yang penting untuk menciptakan generasi penerus yang terdidik. Di Kampung Pulau Batu terdiri beberapa lembaga pendidikan baik formal maupun non formal,dipendidikan pendidikan formal terdapat satu sekolah dasar.
Dalam kehidupan masyarakat setempat sebagian besar penduduk hanya sampai tamat SMP. Dari kenyataan tersebut banyak pemuda Pulau Batu yang pergi keluar daerah untuk bekerja dan hanya mengandalkan fisik.Sedangkan pemudinya banyak yang menikah pada usia yang masih muda,sehingga keadaan keluarga sangat rentan terhadap perceraian.
2. Bidang Lintas Sektoral
Kampung Pulau Batu sebelum kedatangan mahasiswa KKN telah ditunjuk sebagai Wakil dari Kabupaten Way Kanan untuk mengikuti lomba desa yaitu peningkatan pemberdayaan perempuan menuju keluarga sehat sejahtera (P3KSS) tingkat Provinsi Lampung. Dengan adanya mahasiswa KKN sangat membantu beberapa paermasalahan yang teridenfikasi berkenaan dengan lintas sektorial.
a. Pembangunan / Rehap
1. Terdapat beberapa masjid dan mushalla yang kurang terawat.
2. Belum dibangun tempat wudhu dan WC
3. Belum lengkapnya struktur kepengurusan Masjid di Kampung Pulau Batu atau tentang papan nama masjid, tentang waktu jadwal shalat, khotib, dan lain -lain.
Sedangkan dibidang sosial mahasiswa KKN berpasrtisipasi dalam gotong-royong.
BAB III
PELAKSANAAN KEGIATAN KELOMPOK
A. Kegiatan Yang Dilaksanakan
Adapun yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN selama berada di Kampung Pulau Batu terdapat dua bidang yaitu :
1. Bidang Mental Spritual
a. Bidang Keagamaan
1). Pengajian bapak – bapak yang dilakukan rutin seperti : Pulau Batu dusun I,II,dan III pada malam Senin yang dimulai dari pukul 19.30 s/d 20.30
2). Pengajian ibu – ibu yang dilakukan pada hari selasa dan jum’at di kampung Pulau Batu dusun II,dan III.Pada pukul 13,30 s/d 16.00
3). Pengajian TPA yang dilakukan dibeberapa kampung di Pulau Batu setiap malam pada pukul 18.30 – 19.30 WIB
4). Mengadakan kegiatan perlombaan Tartil Qur’an, Azdan, dan Kaligrafi Anak-anak dan Remaja Kampung Pulau Batu
b. Bidang Pendidikan
Membantu Mengajar Bahasa Inggris, Matematika, PAI, IPA , PAI di SD Negeri Pulau Negara Pulau Batu Kecamatan Negeri Agung.
2. Bidang Lintas Sektoral
a. Gotong Royong
1). Membersihkan jalan, masjid, balai kampung dan lain – lain.
2). Pembuatan papan nama jalan dan masjid di Kampung Pulau Batu.
b. Bekerjasama kepada masyarakat kampung Pulau Batu dalam bentuk gotong royong.
c. Acara Perpisahan
1). Mengadakan acara perpisahan dengan Jemaah pengajian ibu-ibu, bapak, bapak dan anggota risma di Kampung Pulau Batu
2). Perpisahan dengan dewan guru serta anak-anak SDN Kampung Pulau Batu Kecamatan Negeri Agung Kabupaten Way Kanan.
3). Mengadakan Perpisahan Dengan Masyarakat Sekitar posko KKN
B. Faktor Penunjang dan Penghambat Pelaksanaan Program KKN
a. Faktor Penunjang
Setelah kami mengamati secara lansung keseluruhan mahasiswa KKN maka kami mempunyai asumsi dan berpendapat bahwa untuk Kampung Pulau Batu banyak sekali fakktor-faktor penunjang dalam menjalankan program kerja diantaranya:
1. Adanya dukungan dari masyarakat, serta respond yang positif yang sifatnya konstruktif baik dukungan moril maupun dukungan materil
2. Adanya semangat kebersamaan atau gotong royong kekeluargaan yang patut dicontoh dan diteladani
3. Adanya dukungan dari aparatur dan tokoh-tokoh dari masyarakat Kampung Pulau Batu
4. Telah adanya fasilitas (Masjid, TPA, Balai Kampung dan sekolah) yang di jadikan sebagai pusat sarana kegiatan
5. Adanya semangat yang tinggi bagi-bagi temen-temen mahasiswa KKN dalam menjalankan tugas kegiatan KKN
b. Faktor Penghambat
Di dalam pelaksanaan program kerja KKN cukup banyak hambatan-hambatan yang kami hadapi selama menjalankan tugas di Kampung Pulau Batu diantaranya:
1. Minimnya Dukungan dana operasional dalam Pelaksanan program KKN
2. Listrik yang belum masuk sebagai pendukung pelaksanaan program KKN
3. Terbatasnya kemampuan kelompok untuk melaksanakan program KKN
c. Evaluasi
1. Evaluasi Program KKN
Setelah melakukkan pengamatan bersama selama menjalankan tugas KKN yang dilaksanakan selama 35 hari, ada beberapa hal yang perlu mendapat perhatian yang serius dari berbagai kalangan yang ada di lapisan masyarakat seperti halnya dalam bidang pengelolaan dan pembinaan RISMA tidak teroganizir.
2. Evaluasi terhadap Respond Masyarakat
Setelah menyimak, mendengar, dan mengamati baik secara lansung maupun tidak lansung, baik dari tokoh adat, masyarakat, pemuda dan tokoh agama Kampung Pulau Batu dari program yang telah kami laksanakan dalam rangka Kuliah Kerja Nyata (KKN) IAIN Raden Intan Lampung yang berada di Kampung Pulau Batu Kecamatan Negeri Agung Kabupaten Way Kanan. Maka kami selaku mahasisiwa KKN dapat Menyimpulkan Bahwa:
Masyarakat menanggapi dengan respond yang positif dan mendukung. Hal ini terbukti keikut sertaannya dalam berpartisipasi disetiap kegiatan yang di adakan oleh mahasisiwa KKN sehingga terjalin suatu keakraban.
BAB IV
KESIMPULAN DAN REKOMENDASI
A. Kesimpulan
Setelah melakukkan pengamatan bersama selama menjalankan tugas KKN (IAIN) Raden Intan Lampung, yang dilaksanakan di Kampung Pulau Batu Kecamatan Negeri Agung Kabupaten Way Kanan selama 35 hari, terhitung dari tanggal 07 Juli sampai dengan 10 Agustus 2011. berpartisipasi disetiap kegiatan yang diadakan oleh mahasisiwa KKN sehingga terjalin suatu keakraban. Kemudian kami sangat merasa bahwa kegiatan di masyarakat ilmu yang kami peroleh sngat berguna bagi kami dan masyarakat kampung Pulau Batu.
B. Rekomendasi
Ada beberapa yang menjadi rekomendasi menurut penelitian kami guna perbaikan di masa yang akan datang terutama bagi institut penyelenggara, Masyarakat Maupun Bagi Mahasiswa selaku Mahasiswa KKN di Kampung Pulau Batu yang telah Melaksanakan Kegiatan dari awal sampai berakhirnya program kegaiatan anataranya:
1. Bagi Panitia KKN
a. Bagi panitia pelaksanan KKN IAIN Raden Intan Lampung Kami Mengharapkan: Hendaknya panitia KKN dapat memantau dan melihat secara lansung perkembangan dan kebutuhan masyarakat kampung Pulau Batu Kecamatan Negeri Agung Kabupaten Way Kanan.
b. Hendaknya Dosen Pembimbing Lapangan mengetahui secara persis permasalahan dan memantau serta memecahkan masalah yang dihadapi oleh mahasiswa KKN serta membimbing jalan keluarnya.
c. Panitia KKN seharus lebih Peka terhadap pelaksanan waktu KKN akan diterjunkan ke lapangan.
d. Panitia KKN seharus lebih paham atau mengetahui kebutuhan yang mungkin terjadi di lapangan.
2. Bagi Masyarakat
a. Masyarakat Hendaknya dapat memahami fungsi dan tujuan mahasisiwa KKN sehingga tidak terlalu banyak tuntutan untuk mahasiswa KKN.
b. Keharmonisan adalah segala-galanya terlebih bila ingin membangun masyarakat, jadi permasalahan yang terjadi antara kepala kampung dan masyrakat setempat agar segera di selesaikan guna kemaslahatan ummat.
3. Bagi Mahasiswa
a. Jadikan KKN ini sebagai awal persaudaraan kita di bawah payung IAIN dalan senasib dan Seperjuangan untuk mengabdikan diri pada masyarkat
b. Hendaknya ilmu yang didapat di bangku kuliah diamalkan dan dibagikan kepada masyarakat sebagai bekal untuk membangun kampung yang masih sangat membutuhkan pengetahuan wawasan serta dunia akherat.
SUSUNAN ORGANISASI PEMERINTAHAN KAMPUNG PULAU BATU KECAMATAN NEGERI AGUNG KABUPATEN WAY KANAN
Rounded Rectangle: L P M K
DIMUN
Rounded Rectangle:
Rounded Rectangle: KADUS II
GURUNSYAH
Rounded Rectangle: KADUS III
MAT SAIDI
Rounded Rectangle: KADUS I
MASHURI
Demikian contoh laporan kuliah kerja nyata (KKN) semoga bermanfaat. Semoga dapat membantu menyelesaikan tugas laporan KKN yang sedang anda kerjakan. terimakasih atas Kunjunganya , Jangan lupa baca contoh laporan praktikum biologi di sini
Comments
Post a Comment