Klasifikasi Filum Coelenterata dan Contohnya

Laporan Praktikum Biologi. Klasifikasi Filum Coelenterata dan Contohnya. Klasifikasi bertujuan untuk memudahkan mempelajari keanekaragaman makhluk hidup yang ada di dunia. Berikut ini akan dibahas tentang klasifikasi Animalia yang terbagi kedalam sembilan filum antara lain : Porifera, Coelenterata, Platyhelminthes, Nemathelminthes, Mollusca, Annelida, Atropoda, Chordata, dan Echinodermata.

Klasifikasi Filum Coelenterata dan Contohnya

Coelenterata
Coelenterata

Filum Coelenterata

Coelenterata diambil dari bahasa Yunani terdiri dari 2 kata,  koillos : Yang artinya rangga atau lorong, enteron: Yang artinya usus. Sehingga diartikan Coelenterata adalah hewan yang memiliki rongga usus.

Karakteristik coelenterata

Colenterata masuk ke dalam hewan yang memiliki sel banyak, tubuh Radial simetri
Namun beberapa jenis ada yang bersifat biradial simetri. Coelenterata tidak memiliki kepala dan ruas-ruas tubuh. Tubuh coelenterata terdiri atas dua lapisan yaitu lapisan luar (epidermis) dan lapisan dalam gastrodermis (endodermis). Di tengah-tengah antara dua lapisan tersebut berdasi tapisan yang dinamakan mesoglea.

Lapisan epidermis terdapat nematokist. Pada bagian tubuh banyak terdapat pada tentakel. Nematokist adalah alat Penyengat. Pada berapa jenis jaringan epitel coelenterata ditemukan serabut otot karena beberapa jenis coelenterata memiliki rangka. Coelenterata memiliki mulut yang di sekelilingnya terdapat banyak tentakel. Mulut langsung berhubungan dengan rongga gastrovaskuler atau rongga usus. Pada sistem pencernaannya colenterata tidak memiliki anus.

Coelenterata melakukan reproduksi secara vegetatif dan generatif. Sistem saraf difusi berbentuk jala dan belum memiliki saraf pusat. Tidak memiliki darah, tidak memiliki alat respirasi khusus dan ekskresi.
Struktur tubuh Coelenterata
Struktur tubuh Coelenterata

Bentuk tubuh

Coelenterata memiliki dua bentuk yaitu Medusa dan polip

  • Medusa: Bentuk tubuh coelenterata ini menyerupai payung atau berbentuk ubur-ubur. Mulut berbentuk kuncung path berada pada pusatnya.
  • Polip: Colenterata ini menempel di tempatnya. Pada ujung terdapat mulut yang di sekelilingnya terdapat tentakel. Sedangkan pada bagian tubuh yang lain digunakan untuk menempel pada benda-benda di sekitarnya.
Tubuh Medusa dan Polip
Tubuh Medusa dan Polip

Sistem Pencernaan Coelenterata

Coelenterata memiliki sistem pencernaan yang berlangsung di dalam rongga usus secara ekstraseluler. Makanan coelenterata berupa larva insekta, Crustasea tingkat rendah, atau organisme kecil lainnya. Coelenterata memiliki  rongga usus yang bercabang-cabang. Melalui rongga tersebut, makanan diedarkan ke seluruh tubuh. Oleh karena itu rongga usus dinamakan gastrovaskuler.

Klasifikasi filum coelenterata dapat dibagi menjadi 3 kelas

3 kelas coelenterata antara lain: kelas Hidrozoa, kelas Scyphozoa dan Kelas Anthozoa

Demikian sedikit penjelasan mengenai filum coelenterata meliputi karakteristik, bentuk tubuh dan system pencernaan coelenterata. Terimakasih sudah membaca artikel ini semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda mengenai klasifikasi animalia.

Comments

Popular posts from this blog

MACAM-MACAM TEPI DAUN PADA TUMBUHAN

INDRA PERASA/PENGECAP (LIDAH)

FERMENTASI SARI BUAH