Macam - Macam Tulang Daun Pada Tumbuhan

Laporan Praktikum BiologiMacam - Macam Tulang Daun Pada Tumbuhan. Daun adalah salah satu organ tumbuhan yang berguna untuk kegiatan memasak pada tumbuhan/fotosintesis. Selain itu daun juga digunakan untuk proses pertukaran gas, yang berupa Carbondioksida/CO2 dan Oksigen/O2. kalau kita perhatikan daun memiliki bagian yang memperkuat helaian daun yaitu tulang daun. setiap daun memiliki keunikan tulang daun. kali ini akan du jelaskan sedikit mengenai macam-maca struktur tulang daun pada tumbuhan


Macam - Macam Tulang Daun Pada Tumbuhan

Tulang-tulang daun adalah bagian daun yang berguna untuk :
1.      Memberi kekuatan pada daun, seluruh tulang-tulang daun dinamakan rangka daun (sceleton).
2.      Tulang- tulang daun adalah berkas-berkas pembuluh yang berfungsi sebagai jalan pengangkutan
zat-zat, yaitu :

- Jalan pengangkutan zat-zat yang diambil tumbuhan dari tanah adalah air dan garam mineral yang terlarut di dalamnya.

- Jalan pengangkutan hasil asimilasi dari tempat pembuatannya yakni dari daun ke bagian lain yang memerlukan.

Tulang-tulang daun menurut besar kecilnya di bagi atas 3 macam, yakni :

Ibu tulang (costa), adalah tulang terbesar yang merupakan terusan tangkai daun dan terdapat di tengah-tengah membujur dan membelah daun. Helaian daun dibagi menjadi 2 bagian yang setangkup atau simetris.

Tulang-tulang cabang (nerus lateralis), yakni tulang-tulang yang lebih kecil dari ibu tulang dan berpangkal pada ibu tulang atau cabang tulang.

Urat-urat daun (vena), adalah tulang cabang yang bersifat :
       - Dapat mencapai tepi daun.
       - Berhenti sebelum mencapai tepi daun.
       - Dekat dengan tepi daun dan membengkok ke atas dan bertemu dengan tulang cabang yang ada di atasnya.

Melihat arah tulang-tulang cabang yang besar pada helaian daun, terdapat beberapa macam susunan tulang dan berdasarkan susunan tulangnya dapat dibedakan atas 4 golongan, yaitu :

Daun-daun yang bertulang menyirip (penninervis). Daun ini mempunyai satu ibu tulang yang berjalan dari pangkal ke ujung dan merupakan tangkai daun. Contoh : daun mangga (Mangifera indica L.)

Daun-daun yang bertulang menjari (palminervis), yakni dari ujung tangkai daun keluar beberapa tulang memencar seperti susunan jari angan. Contoh : papaya (Carica papaya L.), kapas (Gossypum sp.) dll.

Daun-daun yang bertulang melengkung (cervinervis). Daun ini mempunyai beberapa tulang yang besar di tengah, sedangkan yang lainnya mengikuti jalannya tepi daun. Contoh : genjer (Limnocharis flava Bunch.)

Daun-daun yang bertulang sejajar atau bertulang lurus (rectinervis), biasanya terdapat pada daun-daun bangun garis/daun pita yang mempuyai satu tulang di tengah yang besar membujur daun. Sedangkan tulang lainnya jelas lebih kecil dan nampaknya mempunyai arah yang sejajar dengan ibu tulang. Contoh : teki-tekian (Cyperaceae).

Demikian sedikit penjelasan mengenai macam-macam tulang daun pada tumbuhan semoga bermanfaat untuk anda. silahkan baca juga artikel tentang
MACAM-MACAM TEPI DAUN PADA TUMBUHAN
PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN (TANAMAN)

Comments

Popular posts from this blog

MACAM-MACAM TEPI DAUN PADA TUMBUHAN

INDRA PERASA/PENGECAP (LIDAH)

FERMENTASI SARI BUAH