Cara Pembuatan Tempe Yang Enak

Laporan Praktikum Biologi. Cara Pembuatan Tempe salah satu prodak bioteknologi. Lauk yang satu ini meungkin untuk sebagian orang atau fegetarian harus ada di meja  makan apakah itu ? Ya benar sekali tempe. Tempe terbuat dari kedelai yang diolah dan diberi jamur yaitu Rhizopus orizae atau Rhizopus oligosporus untuk difermentasikan. tempe merupakan makanan yang sangat di gemari di indonesia karena pengolahan yang mudah dan juga dapat di jadikan campuran makanan lain cotohnya digorengan,campuran sayur lodeh, dan dapat di tambahkan untuk campuran kue, misalnya bronis tempe dsb.
tempe terbuat dari kedele
Gambar tempe

Cara Pembuatan Tempe salah satu prodak bioteknologi

 Cara pembuatan tempe :
Bahan :
1. kedelai
2. usar/ ragi tempe

Alat :
1. panci untuk merebus dan mengukus
2. ember untuk merendam
3. daun pisang/plastik kiloan
4. tampah/ nampan

Pembuatanya :
Pilih biji kedelai yang bagus buang yang jelek. cuci kedelai hingga bersih kemudian masukan kedalam ember rendam selama 1 malam. esiknya rebus kedelai hingga matang setelah itu remas-remas biji kedelai untuk menghilangkan kulit bijinya. cuci hingga bersih lalu kukuslah kedelai tersebut hingga matang. setelah matang tuangkan keatas tampah atau nampan kemudian dinginkan. setelah kedelai dingin taburkan ragi secukupnya dan ratakan pada seluruh kedelai. ingat jangan trlalu banyak memberi ragi karena akan membuat tempe menjadi pahit.

Krmudian masukan tempe kedalam plastik atau daun pisang secukupnya. jika menggunakan plastik tusuk-tusuk dengan garpu supaya jamur dapat tumbuh dengan baik. diamkan 2 sampai 4 hari sampai menjadi tempe. tempe siap di olah sesui selera.

cangan lupa juga baca artikrl tentang Cara pembuatan Tapai


Comments

Popular posts from this blog

MACAM-MACAM TEPI DAUN PADA TUMBUHAN

INDRA PERASA/PENGECAP (LIDAH)

FERMENTASI SARI BUAH