Pembagian Sistem Saraf Pada Manusia

Laporan Praktikum Biologi. Pembagian Sistem Saraf Pada Manusia. Saraf merupakan salah satu jaringan yang sangat penting. Dengan dengan adanya sistem saraf semua kegiatan organ-organ tubuh kita akan berjalan dengan baik. Sistem saraf yang menghantarkan inplus yang diterima panca indra dan diterjemahkan dalam bentuk gerakan. Pembagian sistem saraf pada tubuh manusia ada dua: kerja tubuh yang dilakukan secara sadar yang di jalankan oleh saraf sadar dan kerja tubuh yang dilakukan secara tidak disadari yang di jalankan oleh sistem saraf tak sadar.

Pembagian Sistem Saraf Pada Manusia

- sistem saraf sadar : sistem saraf sadar terkoordinasi dari sistem saraf pusat dan sisterm saraf tepi. Sistem saraf pusat ada dua macam yaitu otak dan sumsum tulang belakang.
sistem saraf tepi berupa serabut serabut saraf merupakan kelanjutan dari saraf pusat yakni otak dan sumsum tulang belakang. sistem saraf tepi ada 12 pasang kelanjutan otak dan 31 pasang kelanjutan sumsum tulang belakang.

otak sistemsaraf pusat manusia
Ganbar. Saraf pusat otak
-sistem saraf tak sadar : merupakan sistem saraf yang mengendalikan organ-organ tubuh yang bekerja secara tak sadar. Saraf tak sadar disusun oleh saraf motorik yang mengatur organ dalam seperti jantung, paru-paru, usus gerak peristaltik,melebar dan mengecilnya pupil mata. Sistem saraf tak sadar tersusun dari dua saraf yaitu

saraf tulang belakang
Gambar. Saraf tulang belakang
1. Saraf simpatik
Saraf ini diawali dari sumsum tulang belakang dan mbentuk ganglio kemudian menuju bagian-bagian tubuh yang terkoordinasi.
Ganglion : adalah simpul saraf tersusun dari badan sel saraf
Contoh fungsi saraf simpatik, mmembatasi gerak peristaltik usus. melambatkan melebar dan mengecilnya pupil dan mempercepat denyut jantung.

saraf parasimpatik
Gambar. saraf parasimpatik
2.saraf parasimpatik
Saraf ini diawali dari otak dan sumsum tulang belakang bawah atau sakral. kemudian memanjang terbentuk ganglion  dan menuju bagian yang terkoordinasi. saraf parasimpatik berkaitan pada saat kondisi rileks.
Contoh fungsi saraf parasimpatik,  mempercepat pencernaan, kontraksi pupil dan melambatnya denyut jantung.

Demikian penjelasan mengenai sistem saraf pada manusia mudah mudahan bermanfaat untuk anda jangan lupa silahkan baca artikel yang lain di sini

Comments

Popular posts from this blog

MACAM-MACAM TEPI DAUN PADA TUMBUHAN

INDRA PERASA/PENGECAP (LIDAH)

FERMENTASI SARI BUAH