Pemanasan Global Dan efek rumah kaca (Global Warming)

Laporan Praktikum Biologi. Pemanasan Global  Dan efek rumah kaca (Global Warming). Dan Efek Pemanasan Global Bagi Lingkungan. Pemanasan global merupakan sebuah fenomena alam yang terjadi karena kenaikan suhu permukaan bumi, laut dan udara. Peningkatan CO2 di udara juga salah satu penyebab pemanasan global. Kenaikan suhu ini telah dirasakan oleh berbagai Negara salah satunya Negara kita Indonesia. Apakah kalian pernah mendengar berita ditelefisi maupun radio.

Pemanasan Global  Dan efek rumah kaca (Global Warming)

Pemanasan Global
Banyak sekali berita tentang kekeringan yang melanda di berbagai daerah, gagal panen yang dialami petani dan lain sebagainya. Sadarkah kita bahwasanya pemanasan global berpengaruh pada itu semua.

Peningkatan efek pemanasan global sangat dipengaruhi oleh tingkah laku manusia yang merusak lingkungan. Seperti penebangan hutan sembarangan, pembakaran huta/lahan untuk dijadikan lahan pertanian, pembuangan limbah pabrik, pembangunan gedung yang tidak mempertimbangkan kelestarian alam , efek rumah kaca,dan lain sebagainya. Hal-hal tersebut akan berdampak panjang bagi kehidupan kita, sehingga dapat membuat pemanasan global semakin bertambah cepat.

Seperti yang disebutkan tadi penyebab pemanasan global adalah efek rumah kaca. Apakah kalian tau apa itu efek rumah kaca? Efek rumah kaca adalah peristiwa terperangkapnya panas oleh atmosfer bumi. Hal terasebut dapat terjadi ketika sinar matahari mengenai bumi dan suhnya meningkat  sehingga bumi akan menjadi panas. Radiasi panas yang dihasilkan tadi akan dipantulkan dan akan di perangkap oleh atmosfer.

Ada yang tau atmosfer itu apa?
Atmosfer adalah lapisan bumi yang tersusun dari gas-gas seperti Argon (0,93%),Carbon dioksida (0,03%), Neon, Helium, Metana, cripton, Xenon, Hidrogen dan Ozon. Atmosfer berasal dari yunaniterdiri dari dua kata yaitu atmos yang memiliki yang memiliki arti uap dan sphairus yang memiliki arti lapisan. Jika diartikan atmosfer adalah lapisan bumi yang berupa uap.
Saat ini disadari atau tidak, dampak dari pemanasan global sudah dirasakan. Dampak dari pemanasan global antara lain seperti:

Kekeringan
1. Temperature bumi semakin tinggi. Yang menyebabkan sumber-sumber mata air akan menghilang dan terjadinya kekeringan dibeberapa wilayah,

Es Kutub Mencair
2. Mencairnya es di daerah kutub. Yang menyebabkan kenaikan permukaan air laut. dapat diamati dari perubahan gatis pantai yang semakin naik ke daratan.

3. Matinya/hilangnya trumbu karang karena meningkatnya suhu air laut. perubahan suhu pada permukaan air laut, menyebabkan trumbukarang akan kesulitan tumbuh bahkan akan mati dan berdampak pada kurangnya populasi inkan dilautan dan menyebapkan nelayan susah mendapatkan ikan.

4. Kepunahan spesies yang semakin meluas. Hal tersebutdi ungkapkan dari penelitian yang dipublikasikan oleh “Nature” pemanasan global dapat menyebabkan kepunahan lebih dari 1 juta spesies.

5. Kegagalan panen yang dialami oleh petani. Perubahan iklim yang ekstim berdampak pada kerusakan tanaman dan menimbulkan kegagalan panen besar besaran.

6. Menipisnya lapisan ozon. Lapisan ozon perupakan lapisan yang melindungi mahluk hidup di permukaan bumi . lapisan ozon milindungi dari bahanya sinar ultraviolet yang dipancarkan matahari. Jika lapisan terlebut menipis akan membahayakan karena sinar uv akan langsung mengnai kita dan dapat menimbulkan berbagai acam penyakit,  salah satunya kangker. Pancaran sinar matahari secara langsung membuat permukaan bumi semakin panas. Menipisnya ozon sejak 1970 telah terjadi berdasarkan pengamatan satelit.

Kalau kita bayangkan semua dampak pemanasan global sangat mengerikan bukan. Kita yang hidup dibumi harus menjaga lingkungan dengan sebaik-baiknya. Dan jangan merusak dengan alasan apapun dan hanya mementingkan kepentingan pribadi. Semua ini kita lakukan bukan untuk  diri kita tapi untuk anak cucu kita kelak. Berikut adalah cara yang dapat kita lakukan untuk mengurangi pemanasa global.

1. Meningkatkan efesiensi bahan bakar kendaraan secara maksimal.

2. Menggunakan bahan bakar atau energy yang terbarukan dan tidak menggunakan bahan bakar fosil secara berlebihan    (batu bara,minyak bumi, dan gas alam).

3. Produk yang mengandung chlorofluorocarbons (CFCs) agar dikurangi. Sebaiknya menggunakan produk ramah lingkungan.

4. Mengurangi deforestation,

5. Mengikuti kegiatan penghijauan, yang paling sederhana penghijauan di lingkungan rumah kita. Louisiana tach University, menyatakan bahwa  pohon yang hijau dapat menangkap dan mengurangi emisi gas yang dikeluarkan kendaraaan.

Itulah tadi dampak dari pemanasan global dan efek rumah kaca (Globalwarming)yang harus kalian ketahui. Semoga dari penjelasan di atas kita lebih sadar lagi akan pentingnya menjaga lingkungan. Ketika kita mulai menjaga lingkungan berarti andda mencintai bumi. Ketika bumi merasa di cintai bumi akan memberikan kebaikan kepada kita yang berada di permukaanya.


Comments

Popular posts from this blog

MACAM-MACAM TEPI DAUN PADA TUMBUHAN

INDRA PERASA/PENGECAP (LIDAH)

FERMENTASI SARI BUAH