sistem saraf manusia

Laporan Praktikum Biologi. Sistem saraf manusia terletak pada semua organ panca indra. Pancaindar manusia berupa mata, hidung, telinga, kulit dan lidah. Bagian yang meneruskan rangsangan dari panca indra ke saraf pusat dinamakan neuron sensorik. Bagian yang menerjemahkan rangsangan dinamakan saraf pusat, dan yang meneruskan rangsangan dari saraf pusat menuju reseptor ialah neuron motorik.

Sistem saraf manusia terletak pada semua organ panca indra

sel saraf
Gambar. Sel saraf

Informasi yang diterima oleh ujung saraf manusia melalui alat indra di ubah menjadi inplus. Inplus merupakan arus listrik yang sangat lemah. Kemudian inplus diteruskan ke pusat saraf yaitu otak. Kemudian diterjemahkan dan di kirim berupa inplus ke efektor.

Gambar. Mekanisme kerja saraf
Contohnya. Ketika ada seseorang mengetuk pintu kita mendengar kemudian kita berjalan kearah pintu dan membuka pintu tersebut.
Penjelasan: ketukan pintu yang kita dengar merupakan inplus yang tertangkap oleh panca indra telinga. Kemudian di teruskan ke saraf pusat sehingga akan diterjemahkan dan di teruskan kesaraf motorik berupa tindakan kita berjalan dan membuka pintu tersebut.

Saraf dapat di bagi beberapa macam:
Macam-macam saraf:
Saraf sensorik
Saraf pusat
Saraf motorik
Saraf perantara

Baca juga beberapa artikel ini:

SISTEM EKSKRESI (Ginjal, Hati, Paru-Paru,dan Kulit), BIOLOGI UMUM (SEL GABUS), Daftar Makanan dan Minuman Hasil Bioteknologi





Comments

Popular posts from this blog

MACAM-MACAM TEPI DAUN PADA TUMBUHAN

INDRA PERASA/PENGECAP (LIDAH)

FERMENTASI SARI BUAH