PEMBELAHAN MITOSIS DAN MEIOSIS

Laporan Praktikum Biologi. PEMBELAHAN MITOSIS DAN MEIOSIS. Artikel kali ini sedikit akan menjelaskan mengenai proses pembelahan mitosis dan osmosis yang terjadi setelah peleburan sel kelamin jantan dan kelamin betina.semoga dapat bermanfaat untuk anda.

A.    Mitosis
Mitosis berasal dari bahasa yunani yaitu mites (benang) dan osis (proses). Pembelahan mitosis yaitu pembelahan nukleus yang terjadi pada sel tubuh (sel somatis).
Tahap-tahap mitosis:
mitosis
Gambar. tahapan mitosis

  PEMBELAHAN MITOSIS DAN MEIOSIS

1.      Profase sel induknya membelah membentuk dua sentriol dan sentrosoma. Dari setiap sentrosola akan muncul serabut-serabut filamen yang disebut benang gelendong dan selanjutnya.

2.      Metafase yaitu kromosom di ekuatorial yang membran intinya sudah hilang.

3.     Anafase yaitu kromatid bergerak ke arah yang berlawanan dan kinetokor yang masih melekat pada benang spindel berfungsi penunjuk jalan.

4.   Telofase yaitu kromatid menggumpal pada kutub, kemudian benang gelendong menghilang sehingga kromatid menjadi kusut dan butiran-butiran kromatin muncul.

Mitosis merupakan pembelahan kromosom sehingga nukleus terbentuk lagi dan ada sekat pemisah antara ke duanya dari membrane menuju ke tengah maka sel induk menghasilkan dua sel anaknya yang disebut sitokinesis (reproduksi sel).

Siklus Sel
Terdiri dari dua tahap:
1.      Interfase (fase istirahat), pada fase ini terjadi sintesis protein untuk bahan organel dan replikasi DNA yang disebabkan penggumpalan energi.

2.      Fase mitosis berfungsi untuk mempertahankan faktor genetik ke generasi berikutnya.

B.    Meiosis
Meiosis berasal dari bahasa yunani yang artinya kurang. Pembelahan meosis ini tak langsung (reduksi). Meosis yang terjadi sel-sel haploid hanya pada sel-sel kelamin.
Pembelahan secara meiosis dapat dibagi menjadi dua yaitu:



1.      Meiosis I
Meiosis I yang meliputi fase-fase sebagai berikut:
a.      Profase I: Leptonema/ leptoten yaitu benang-benang kromatin menjadi kromosom.
b.      Metafase I: Tetrad berkumpul dibidang ekuator.
c.      Anafase I: Setiap kutub menerima campuran acak kromosom dari ibu dan bapak.
d.   Telofase I:  Kromatid mendapat selubung inti, dan nucleus muncul kemudian sitokinesis berlangsung.  

Baca juga artikel ini

   PEWARISAN SIFAT (HEREDITAS)

meiosis
Gambar. meiosis
2.      Meiosis II
Meiosis II yang meliputi fase-fase sebagai berikut:
a.      Profase II: Sentrosom membentuk dua senriol pada kutub yang berlawanan yang di hubungkan oleh benang gelendong.
b.    Metafase II: Kromosom di bidang ekuator, kromatid berkelompok dua-dua belum menjadi pembelahan yang sentromer.
c.    Anafase II: Kromosom terletak di kinetokor yang ditarik oleh benang gelendong sehingga sentromer terbelah.
d.      Telofase II:  kromatid berkumpul pada kutub kemudian berubah menjadi kromatin.

Proses Mitosis dan Meiosis dalam Pewarisan Sifat
Pembelahan mitosis terlibat dalam pembentukan sel-sel induk yang bersifat diploid. Sedangkan pembelahan meiosis terlibat dalam proses perubahan sel-sel induk gamet menjadi sel-sel gamet yang bersifat haploid. Proses pembentukan sel-sel gamet disebut gametogenesis.

1.      Pembentukan sel gamet pada hewan dan manusia
a.      Pembentukan gamet jantan (spermatogenesis), alat kelamin jantan pada hewan disebut testis. Di dalam testis terdapat tubulus seminiferus. Yang terdapat sel-sel primordial bersifat diploid sehingga membentuk spermatogonium yang dianggap sel induk sperma.

b.      Pembentukan gamet betina (oogenesis), alat kelamin betina yang berlangsung pada ovarium hewan dan kandung lembaga dalam bakal biji tumbuhan (gametofit betina).

pembelahan sel
Gambar. Pembelahan Sel
2.      Pembentukan gamet pada tumbuhan berbiji tertutup (Angiosspermae)
Pembentukan gamet jantan pada tumbuhan berbiji terjadi dalam gametofit jantan, yaitu kepala sari (anthera) dan menghasilkan serbuk sari (polen). Sedangkan pembentukan gamet betina berlangsung dari dalam gametofit betina, yaitu di dalam bakal biji (ovule) dan menghasilkan sel telur (ovum).

a.      Pembentukan gamet jantan
        Gametofit jantan terdapat pada stamen (benang sari), benang sari terdiri dari dua bagian yaitu anther dan filament (tangkai sari).

b.      Pembentukan gamet betina
        Alat pengembangan batina disebut putik (carpel), putik terdiri dari stigma (kepala putik) dan ovari (bakal buah) yang didalam bakal buah terdapat satua atau lebih bakal biji (ovule).

Demikian penjelasan singkat tentang proses Pembelahan MItosis dan Meiosis , mudahmudahan dapat berguna dan menambah informasi bagi anda. artikel laiin sistem saraf manusia,

PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN (TANAMAN).

Comments

Popular posts from this blog

MACAM-MACAM TEPI DAUN PADA TUMBUHAN

INDRA PERASA/PENGECAP (LIDAH)

FERMENTASI SARI BUAH